sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Berita Internasional : Turkey Siapkan ‘Kuburan Pengkhianat’ Pelaku Kudeta

Berita Internasional : Turkey Siapkan ‘Kuburan Pengkhianat’ Pelaku Kudeta



Istanbul – Jenazah Kapten Mehmet Karabekir tidak dimandikan sebelum pemakaman. Statusnya sebagai tentara pelaku kudeta membuat pemerintah Istanbul di Turki enggan memperlakukannya sebagai seorang Muslim. Tidak ada ritual pemakaman, hanya lubang di tanah untuk mengubur. Tidak juga ada batu nisan di makamnya. Di sebelah liang lahatnya, ada lubang-lubang lainnya yang memang diperuntukkan bagi tentara pelaku kudeta Turki lainnya.

Berita Internasional : Turkey Siapkan 'Kuburan Pengkhianat' Pelaku Kudeta

Walikota Istanbul Kadir Topbas menyebut lahan seperempat hektar di timur kota itu sebagai “Kuburan para Pengkhianat.”

Pemerintah Erdogan kemudian melakukan pembersihan dengan menangkapi ribuan tentara dan memecat para pekerja yang diduga terlibat kudeta atau simpatisan Fethulleh Gulen, tokoh agama yang dituding di balik pemberontakan tersebut. Kebanyakan warga Turki memang mendukung Erdogan, namun tidak sedikit yang menganggap Kuburan untuk Pengkhianat itu sudah berlebihan.

“Tidak boleh ada yang menghadap Tuhan dengan kelam seperti itu,” kata seorang warga di permukiman Acibadem, Istanbul.

Setelah ramai dikiritik, Wali Kota Topbas mengaku mencabut label “Kuburan Pengkhianat” untuk pemakaman tempat Karabekir dikubur. Pemerintah Turki mengaku tidak memiliki sangkut paut dengan kuburan tersebut. Media setempat melaporkan bahwa keluarga Karabekir menolak jenazahnya, akhirnya aparat terpaksa menguburkannya di lahan kosong. Keluarganya menolak mengomentari ihwal kematiannya.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)