sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Techno » 500 Kabupaten di RI Terhubung ke Internet

500 Kabupaten di RI Terhubung ke Internet



Jakarta – Pemerintah membangun infrastruktur untuk membuka akses internet hingga ke Indonesia Timur. Indonesia memiliki lebih dari 500 kabupaten/kotamadya, sedangkan hanya 400 kabupaten/kotamadya yang memiliki akses broadband internet.

500 Kabupaten di RI Terhubung ke Internet

“Pemerintah sedang mencari cara bagaimana pembangunan infrastruktur digital ini bisa merata hingga ke bagian Timur Indonesia hingga kurang lebih sama dengan Jakarta, hingga akhirnya Pemerintah membuat program Palapa Ring,” ujar Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara kepada wartawan.

“Dari 500 lebih kabupaten/kotamadya di Indonesia, hanya 400 kabupaten saja yang memiliki akses broadband. Sehingga kita harus menghubungkan 100 kabupaten lainnya,” terangnya.

“Walaupun daerah tersebut merupakan daerah tidak feasible untuk bisnis, tapi negara kita merupakan negara kesatuan yang harus kita jaga keutuhannya. Jadi pembangunan ini harus dilakukan,” ungkap pria yang pernah menjabat sebagai Direktur Hubungan Korporat PT XL Axiata itu.

Selain kecepatan internet yang tidak mumpuni, infrastrukturnya pun tidak ada. Oleh karena itu harga untuk paket internet di Wilayah Timur itu jadi jauh lebih mahal.

“Jadi diharapkan dengan adanya Palapa Ring ini selain kualitasnya yang lebih baik tapi juga dari sisi harga bisa dimurahkan lagi. Kabel biru penyalur akses internet di Palapa Ring itu punya pemerintah, pemerintah bisa menggratiskan ini sehingga harga paket internet di seluruh Indonesia bisa sama,” tutupnya.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)