Home » News » Maju Lewat Parpol, Siapa Lawan Ahok ?

Maju Lewat Parpol, Siapa Lawan Ahok ?



Jakarta – Pengamat Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ikrar Nusa Bakti khawatir Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tidak punya penantang di pilkada DKI 2017. Pasalnya, sampai saat ini belum ada calon selain Ahok yang sudah pasti maju diusung partai politik.

Maju Lewat Parpol, Siapa Lawan Ahok ?

“Saya khawatir (Ahok) tidak ada lawannya, itu yang saya lebih khawatir dibanding membicarakan kemungkinan (Ahok maju) satu putaran atau dua putaran,” kata Ikrar saat dihubungi wartawan, Kamis (28/7/2016).

Ikrar menjelaskan, sampai saat ini belum ada parpol yang sudah pasti mengusung pasangan calon gubernur. Ikrar menilai, hal itu menunjukkan kurangnya kesiapan parpol. Parpol yang dimaksud ialah selain parpol yang mendukung Ahok: NasDem, Hanura, dan Golkar.

“Itu menunjukkan parpol lain juga sangat tidak siap dibandingkan tiga parpol ini yang sejak awal mendukung Ahok bahkan sebelum Ahok menyatakan maju lewat jalur partai,” jelas Ikrar.

Sementara itu, dengan maju lewat parpol, syarat Pilkada sudah terpenuhi Ahok. Ahok sudah memegang 24 kursi dewan dari tiga partai yang mendukungnya, yakni 5 kursi dari Partai NasDem, 10 kursi dari Partai Hanura, dan 9 kursi dari Partai Golkar.

Sementara, syarat dukungan minimal untuk maju di Pilkada DKI melalui jalur partai politik diketahui 22 kursi di DPRD DKI Jakarta. “Dilihat dari aturan Pilkada sudah cukup karena sudah 24 kursi,” ujar Ikrar. (Hendy – sisidunia.com)