Home » Travel & Kuliner » Icefiord di Greenland Jadi Warisan Dunia UNESCO Sejak 2004

Icefiord di Greenland Jadi Warisan Dunia UNESCO Sejak 2004



Jakarta – Icefiord Centre di Ilullissat menawarkan sebuah pemandangan indah bagi pengunjung Greenland. Di sini Anda bisa melihat pemandangan indah dari gletser paling produktif di dunia. Keproduktifan gletser ini dihitung dari seberapa banyak mereka bisa ‘melahirkan’ ‘bayi’ gletser kecil di bagian lainnya. Dan Jakobshavn Isbrae Glacier atau Sermeq Kujalleq dalam bahasa lokal adalah ‘ayah’ dan raja dari semua gletser yang ada.

Icefiord di Greenland Jadi Warisan Dunia UNESCO Sejak 2004

Icefiord di Greenland sudah menjadi warisan dunia UNESCO sejak tahun 2004 lalu. Pemandangan unik ini sudah menarik sekitar 20 ribu wisatawan tiap tahunnya. Nantinya ketika pusat pengamatan baru selesai, jumlah pengunjung diharapkan akan tidak hanya akan melihat gletser tapi juga efek dari perubahan iklim. Tak dimungkiri perubahan iklim ini memang akan terlihat jelas dari Greenland.

Pusat pengamatan gletser ini dirancang oleh arsitek Denmark. Pusat pengamatan ini akan dibuka pada tahun 2020 dan menjadi salah satu dari lima inti wisata utama yang akan dibangun di seluruh Greenland.

Di pusat pengamatan baru ini nantinya juga akan dibangun tempat informasi sejarah gletser. Selain itu pusat ini juga akan memberikan informasi soal bagaimana gletser memainkan peran penting dari abad 20. Para ilmuwan ini percaya bahwa salah satu anak gunung es dari Ilullissat yang panjangnya mencapai satu mil adalah gunung yang bertanggung jawab untuk tenggelamnya Titanic.
(Marld – sisidunia.com)