Home » Gaya Hidup » Hati-hati Resiko Pendarahan Otak Bagi Perempuan Perokok

Hati-hati Resiko Pendarahan Otak Bagi Perempuan Perokok



Helsinki – Peneliti dari Finlandia menemukan perdarahan otak yang disebut subarachnoid itu 8 kali lebih sering ditemukan pada perempuan yang merokok lebih dari sebungkus dalam sehari. Angka itu lebih banyak dibandingkan dengan yang ditemukan pada pria yang merokok dengan jumlah sama.

Hati-hati Resiko Pendarahan Otak Bagi Perempuan Perokok

Bahkan dengan rokok ringan sekalipun, perempuan memiliki risiko 3 kali lipat terserang stroke. Tidak ada tingkat aman dari merokok. “Pilihan terbaik adalah tidak pernah untuk memulai,” kata pemimpin peneliti, Joni Lindbohm dari University of Helsinki yang dikutip dari laman usnews.

“Pesan bagi para pembuat kebijakan bahwa dengan menerapkan strategi yang efektif terhadap merokok, mereka dapat mengurangi beban perdarahan subarachnoid,” kata Lindbohm, yang mengkhususkan diri dalam bidang bedah saraf dan kesehatan masyarakat.

Para peneliti menemukan, di antara mereka yang merokok 11-20 batang sehari, perempuan berisiko 4 kali lebih besar dan laki-laki 2 kali lebih besar untuk menderita stroke jenis ini. Rokok dan tekanan darah tinggi merupakan 2 faktor penyabab pendarahan subarachnoid yang dapat mengakibatkan stroke namun hal itu dapat dihindari oleh masyarakat.

“Studi ini menambahkan bukti lebih kepada masyarakat untuk tidak pernah merokok dan mengontrol tekanan darah mereka untuk menghindari stroke jenis ini,” ucap Sacco.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)