sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Gengsi Presiden Turki Disebut Sebagai Alasan Militer Lakukan Kudeta

Gengsi Presiden Turki Disebut Sebagai Alasan Militer Lakukan Kudeta



Istanbul – Tragedi kudeta telah gagal terjadi di negara Turki. Tragedi tersebut bukan bagi pihak pelaku kudeta, namun bagi pihak rakyat Turki sendiri. Pengajar Stockholm University Institute for Turkish Studies, Jenny White mengatakan bahwa kudeta terjadi karena ulah Erdogan itu sendiri.

Gengsi Presiden Turki Disebut Sebagai Alasan Militer Lakukan Kudeta

Diduga pemerintah Turki sibuk mempertahankan gengsi mereka, karena mereka enggan menjadi penyelamat bagi para pengungsi Syria dan gengsi menjadi bagian dari Uni Eropa (UE).

“Dalam manifestonya, kelompok militer yang melancarkan kudeta menganggap pemerintah telah bersifat otokrasi dan memandulkan hukum Turki. Ini pendapat yang tidak salah,” ungkap penulis buku Muslim Nationalism and the New Turks tersebut.

“Sejak AKP (partai yang dipimpin Erdogan) berkuasa pada 2004, pemerintah telah berkali-kali berusaha mengebiri militer lewat berbagai kasus. Pemerintah juga memenjarakan banyak pejabat militer hingga sejumlah pemimpin militer mundur pada 2011,” lanjut White.

Militer negara Turki memang menjadi salah satu yang paling dipercaya di negara tersebut. Namun kini militer di Turki tidak lagi sama. Pasalnya, mereka adalah generasi dari represi pemerintahan sipil sendiri. “Ini adalah tragedi yang lahir dari luka menganga yang diciptakan sendiri oleh pemerintah,” tandasnya.

(bimbim)