Home » Travel & Kuliner » Resep Spesial Untuk Makan Siang : Balado Ikan Asin Kering Renyah

Resep Spesial Untuk Makan Siang : Balado Ikan Asin Kering Renyah



Jakarta – Ikan asin merupakan salah satu makanan pelengkap ketika ada sayur asem yang menemaninya. Sampai ada peribahasa yakni “tak lengkap makan sayur asem tanpa ikan asin”.

Resep Spesial Untuk Makan Siang : Balado Ikan Asin Kering Renyah

Banyak sebagian orang yang berpandangan bahwa makanan yang enak adalah makanan yang mahal. Makanan bisa dikatakan enak bukan karena harganya yang mahal, tetapi bagaimana pengolahannya dan bagaimana cara kita menikmati makanan tersebut.

Orang yang makan nasi hanya menggunakan lauk ikan asin dan sambal terasi dianggap orang yang berasal dari kalangan orang yang tidak mampu atau berkekurangan. Ternyata pendapat itu salah besar, semua orang bisa menikmati kelezatan dari rasa ikan asin tersebut.

Padahal Ikan Asin mengandung banyak gizi yang bermanfaat bagi tubuh kita. Diantaranya yaitu energi sebesar 193 kilokalori, protein 42 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 1,5 gram, kalsium 200 miligram, fosfor 300 miligram, dan zat besi 3 miligram dan masih banyak lainnya.

Namun bagaimanakah membuat resep makanan yang enak dengan menggunakan bahan dasar ikan asin. Seperti dikutip dari buku Kalender Resep Sedap Santap, berikut resep lengkap cara membuat balado ikan asin kering.

Bahan-bahan

  1. 250 ml minyak goreng
  2. 250 gr ikan asin kapas-kapas/ ikan teri besar
  3. 5 buah cabai merah, haluskan
  4. 5 siung bawang putih, haluskan
  5. 1 sdt garam
  6. 1 sdm gula

Cara membuat

  1. Panaskan minyak, goreng ikan asin sampai matang dan kering. angkat dan sisihkan;
  2. Panaskan 2 sdm minyak sisa menggoreng ikan asin, tumis cabai dan bawang putih halus sampai matang. Tambahkan garam dan gula, aduk rata. angkat dan dinginkan;
  3. Masukkan ikan asin goreng, aduk sampai bumbu tercampur rata. Sajikan.

Selamat mencobanya dirumah dan semoga berhasil. (bimbim)