sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Berita Internasional : Indonesia Harus Tetap Tegakkan Kedaulatan

Berita Internasional : Indonesia Harus Tetap Tegakkan Kedaulatan



Jakarta – Indonesia tetap harus menegakkan kedaulatannya. “Jaga wilayah laut dari penangkapan ikan ilegal. Kalau ada yang melanggar, tangkap, kecuali ada kerja sama bilateral dengan negara terkait (yang mengambil ikan di ZEE Indonesia).”

Indonesia Harus Tetap Tegakkan Kedaulatan

Indonesia diminta aktif mendorong perdamaian di Laut China Selatan pascakeluarnya putusan Mahkamah Arbitrase Internasional atas gugatan sengketa Laut China Selatan. Posisi Indonesia sebagai negara non-claimant yang tidak memiliki klaim atas wilayah itu dinilai strategis untuk menyuarakan perdamaian.

“Laut China Selatan diklaim enam negara. Indonesia tidak ikut mengklaim, tapi punya kepentingan di sana. Jadi tugas Indonesia untuk mempromosikan perdamaian,” kata Mayjen (Purn) Sudrajat, mantan Dubes RI untuk China yang kini menjabat Ketua Umum Perkumpulan Persahabatan Alumni Tiongkok-Indonesia, kepada wartawan, Rabu (13/7/2016).

“Kepentingan Indonesia” di Laut China Selatan yang dimaksud Sudrajat ialah perairan Natuna yang dimasukkan China dalam nine-dash line, peta teritorial yang dibuat China untuk menandai wilayah yang dia klaim di Laut China Selatan. Hampir 90 persen perairan di laut sengketa itu yang diklaim China.

“Batas zona ekonomi eksklusif Indonesia di selatan Laut China Selatan, perairan Natuna, yang diklaim masuk sembilan garis putus itu (nine-dash line),” ujar Sudrajat.

Menurut Sudrajat, meski China sejak awal tidak mengakui Mahkamah Arbitrase Internasional soal sengketa Laut China Selatan dan menolak hasilnya, dunia akan memandang klaim China ilegal dan dilakukan secara sepihak.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)