Home » Techno » Seorang Pengamat Curigai Game Pokemon Go Tak Aman Bagi Pengguna Gmail

Seorang Pengamat Curigai Game Pokemon Go Tak Aman Bagi Pengguna Gmail



Jakarta – Dalam beberapa hari sejak peluncurannya, Pokemon Go telah menjadi salah satu tren yang meluas di dunia. Rating game mobile tersebut langsung jauh melesat naik mengalahkan aplikasi Tinder yang merupakan aplikasi kencan online.

Seorang Pengamat Curigai Game Pokemon Go Tak Aman Bagi Pengguna Gmail

Sebuah blog yang ditulis oleh Principal Architect di Red Owl Analytics, Adam Reeve mengungkap risiko keamanan Pokemon Go. Sebagaimana dikatakn oleh Adam Reeve, yang dilansir dari Gizmodo Selasa (12/7/2016) bahwa Pokemon Go bisa membuka akses penuh ke akun-akun Google seseorang jika log in via Google pada IOS.

Pokemon Go bisa membaca email, mengirim email dari akun pemain, mengakses semua data yang tersimpan dal Google Drive, mengakses foto-foto personal di Google Photos, seperti yang ditulis Reeve di dalam blognya.

Namun Reeve ragu-ragu tentang apa yang pernyataan tersebut. Ahli keamanan cyber sekaligus CEO Trail of Bits juga meragukan pernyataan Reeve yang ditulis didalam blognya tersebut. Menurutnya, walaupun akses penuh bisa dilakukan, namun itu bukan berarti bahwa pihak ketiga bisa membaca dan mengirim email dari akun Google seseorang melalui game tersebut.

“Izin akses penuh mengarah pada penyetelan akun Google yang disinkronisasi untuk masuk ke layanan pihak ketiga. Aksi spesifik seperti mengirim email, memodifikasi dokumen, membaca emal, dan lainnya membutuhkan izin eksplisit,” kata Google. (bimbim)