sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » KPU Akan Pilih Ketua Definitif Gantikan Husni Kamil Manik

KPU Akan Pilih Ketua Definitif Gantikan Husni Kamil Manik



Jakarta – Meninggalnya Ketua KPU Husni Kamil Malik membuat kursi pimpinan KPU tersebut kosong. Untuk mengisi kekosongan kursi pimpinan tersebut KPU akan memilih ketua definitif tanpa pergantian antar waktu (PAW). Komisioner KPU Arief Budiman mengatakan, pihaknya tidak akan menunggu proses pergantian antar waktu (PAW) dari presiden untuk mengisi kekosongan kursi ketua KPU.

KPU Akan Pilih Ketua Definitif Gantikan Husni Kamil Manik

“Kalau menunggu presiden kan belum tahu jadwalnya kapan, sedangkan minggu depan sudah harus ada ketua definitif. Ini kan cukup dari kami oleh kami saja untuk menunjuk Ketua KPU,” kata Arief di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (12/7).

Pasal 32 ayat (5) huruf a Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu menyebut, pergantian antarwaktu dilakukan dengan ketentuan anggota KPU digantikan oleh calon anggota KPU urutan peringkat berikutnya dari hasil pemilihan yang dilakukan oleh DPR.

Pada Maret 2012, Komisi II menetapkan tujuh komisioner KPU periode 2012-2017 dengan urutan dan perolehan suara sebagai berikut: Sigit Pamungkas (45), Ida Budiati (45), Arief Budiman (43), Husni Kamil Manik (39), Ferry Kurnia (35), Hadar Nafis Gumay (35), dan Juri Ardiantoro (34).

Tujuh kandidat lainnya yang tersisih saat itu ialah Hasyim Asyari (32), Ari Darmastuti (31), Enny Urbaningsih (23), Muhammad Najib (3), Zainal Abidin (1), Mohammad Adhy Syahputra Aman (1), dan Evie Aridne Shinta Dewi (0).

“Itu nanti urusan presiden masalah PAW, bukan urusan KPU. Yang jelas, pengisi berikutnya harus dari nomor urut yang ada, kalau tidak layak, berarti nomor urut berikutnya lagi,” tutur Arief.

Plt nantinya akan bertanggungjawab untuk memimpin rapat pleno serta menandatangani beberapa berkas yang dibutuhkan. “Sesuai rencana kami akan menggelar rapat pleno menunjuk pelaksana tugas. Itu hanya salah satu agenda saja,” Wakil Ketua KPU Hadar Nafis Gumay mengungkapkan.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)