Home » News » Hasyim Asy’ari Ditunjuk Sebagai Pengganti Husni Kamil Manik di KPU ?

Hasyim Asy’ari Ditunjuk Sebagai Pengganti Husni Kamil Manik di KPU ?



Jakarta – Meninggalnya Husni Kamil Manik, membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus segera memilih calon penggantinya. Pengganti Husni dikabarkan adalah Hasyim Asy’ari. Kabar tersebut merujuk pada aturan yang ada, sebab Hasyim mendapatkan peringkat ke delapan dalam fit and proper test calon KPU periode 2012-2017.

Hasyim Asy’ari Ditunjuk Sebagai Pengganti Husni Kamil Manik di KPU ?

Pada tahun 2012 yang lalu, tujuh komisioner KPU periode 2012-2017 telah dipilih oleh Komisi II. Tujuh komisioner KPU tersebut beserta perolehan suaranya yakni Sigit Pamungkas (45), Ida Budiati (45), Arief Budiman (43), Husni Kamil Manik (39), Ferry Kurnia (35), Hadar Nafis Gumay (35), dan Juri Ardiantoro (34).

Hasil DPR menentukan tujuh calon lainnya guna menjadi calon pengganti apabila anggota KPU yang sudah terpilih berhalangan. Ketujuh calon tersebut yaitu Hasyim Asyari meraih suara 32, Ari Darmastuti (31), Enny Urbaningsih (23), Muhammad Najib (3), Zainal Abidin (1), Mohammad Adhy Syahputra Aman (1), dan Evie Aridne Shinta Dewi (0).

Sedikit penjelasan tentang sosok Hasyim Asy’ari, pria yang lahir pada 3 maret 1973 di Pati, Jawa Tengah tersebut pernah mengenyam pendidikan doktoral dalam bidang Sosiologi Politik di University of Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia pada tahun 2006 hingga 2012. Ia juga mendapatkan gelar Magister Sains (M.Si.) dalam ilmu politik di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Ia juga merupakan Sarjana Hukum di jurusan Hukum Tata Negara di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Hasyim merupakan dosen Fakultas Hukum bagian Hukum Tata negara di Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang sejak tahun 1998. Ia pernah menjadi anggota KPUD Jawa Tengah periode 2003-2008. (bimbim)