Home » Ekonomi & Bisnis » Empat BUMN Terbitkan Saham Baru Rp14 Triliun

Empat BUMN Terbitkan Saham Baru Rp14 Triliun



Jakarta – Pemerintah menyetujui rencana penerbitan saham baru (rights issue) empat perusahaan pelat merah, yakni PT Jasa Marga Tbk, PT Wijaya Karya Tbk, PT Krakatau Steel Tbk dan PT Pembangunan Perumahan Tbk (PP). Aksi korporasi ini merupakan bagian dari program privatisasi dan penguatan modal keempat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Empat BUMN Terbitkan Saham Baru Rp14 Triliun

Aloysius Kiik Ro, Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN mengungkapkan, target pendanaan dari rights issue keempat perseroan tersebut sebesar Rp 14,3 triliun. “Sesuai dengan porsi kepemilikan, kami tetap mempertahankan posisi pemerintah,” ujar Aloysius usai menghadiri rapat di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Selasa (12/7/2016).

“Rapat Umum Pemegang Saham kami 29 Agustus. Setelah itu, baru kami proses rights issue,” ujarnya.

Melalui keterangan resmi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai saat ini merupakan waktu yang tepat bagi BUMN untuk melakukan rights issue. Pasalnya, ada potenso dana repatriasi yang cukup besar untuk bisa dimanfaatkan sepanjang penerapan kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) hingga 31 Maret 2017.

“Perlu dibuat rencana yang matang untuk menyambut program tax amnesty karena akan ada dana besar yang masuk. Permintaan surat-surat berharga dalam waktu enam bulan ini akan melonjak. Harganya pun pasti bagus. Dan menurut saya, yang paling siap adalah BUMN,” kata Darmin.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)