Home » News » Denda Pajak Kendaraan Bermotor DKI Akan Dihapus Juli-Agustus

Denda Pajak Kendaraan Bermotor DKI Akan Dihapus Juli-Agustus



Jakarta – Bagi anda Warga DKI Jakarta segeralah untuk mengurus pajak kendaraan bermotor. Pasalnya Pemerintah DKI Jakarta akan menghapus denda pajak kendaraan bermotor.Kebijakan penghapusan sanksi administrasi pajak atau denda, berlaku mulai dari 2 Juli hingga 2 Agustus mendatang.

Denda Pajak Kendaraan Bermotor DKI Akan Dihapus Juli-Agustus

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan sudah menandatangani surat keputusan terkait kebijakan pengahapusan denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), termasuk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

“Saya sudah tanda tangan (PKB dan BBNKB), kayak pemutihan begitu. Kayaknya udah ada. Termasuk PBB juga,” kata Ahok, sapaan Basuki di Balai Kota, Jakarta, Selasa (12/7/2016).

Sementara itu, Kepala Dinas Pelayanan Pajak DKI jakarta Agus Bambang Setyowidodo mengatakan, penghapusan denda dilakukan untuk meningkatkan penerimaan pajak daerah. Dia mengimbau agar masyarakat memanfaatkan kesempatan ini. Karena, jika pajak dibayar setelah kebijakan ini, sanksi administrasi akan kembali diberlakukan sesuai dengan peraturan perpajakan daerah.

Kebijakan penghapusan denda ini telah berulangkali diterapkan pemprov. Sebelumnya, pada November-Desember 2015 pemerintah membebaskan denda pajak dan biaya balik nama kendaraan bermotor. Tujuan keputusan ini untuk membuat masyarakat lebih peduli untuk membayar pajak kendaraan bermotor.

Diharapkan para wajib pajak dapat segera membayar pajak yang terhutang yang sudah tidak terbebani denda. Pasalnya, kebijakan ini menghapus pembayaran tunggakan pajak di tahun-tahun sebelumnya.

“Itu supaya orang bisa bayar cepat saja. Mirip tax amnesty saja,” tutur Ahok.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)