Home » Hiburan » Fakta Unik Tentang Garam

Fakta Unik Tentang Garam



Jakarta – Garam merupakan suatu bumbu wajib yang harus ada di setiap dapur rumah anda. Tanpa garam masakan menjadi hambar, sayur tanpa garam kurang enak kurang segar. Tapi, garam sebenarnya tak hanya berfungsi sebagai bumbu dapur semata. Dulu, garam adalah komoditi perdagangan yang harganya lebih tinggi dibanding emas. Tetapi Tahukah anda fakta unik yang tentang garam ?

Fakta Unik Tentang Garam

Berikut kami sampaikan beberapa fakta unik mengenai garam :

1. Hanya 6 persen konsumsi garam di dunia yang digunakan untuk memasak
Dari seluruh garam yang diproduksi di dunia, hanya 6 persen yang digunakan untuk memasak. Sisanya dipergunakan untuk kebutuhan kimia industri, seperti produksi detergen, plastik, bahkan bahan bakar pesawat terbang.

2. Tambang garam terbesar di dunia berlokasi di Detroit
Kini, Detroit dikenal sebagai kota penghasil mobil di Amerika Serikat. Namun, pada 1910, Detroit merupakan tambang garam terbesar di dunia dengan luas 1500 hektar.

3. Jepang masih gunakan garam untuk mengusir roh jahat
Jika Anda berkunjung ke teater kuno di Jepang, Anda akan melihat ritual menebarkan garam di atas panggung. Seniman Jepang percaya garam bisa mengusir roh jahat.

4. Bayi tidak bisa merasakan asin
Ternyata, hingga berusia empat bulan, bayi tidak bisa merasakan asin. Sebaliknya, rasa manis, pahit dan asam lebih familiar di indera pengecap bayi dibanding rasa asin. Itulah sebabnya, garam seringkali dihilangkan dari makanan bayi.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)