Home » Sport » Berita Euro 2016 : Portugal juara Piala Eropa Untuk Pertama Kalinya

Berita Euro 2016 : Portugal juara Piala Eropa Untuk Pertama Kalinya



Paris – Portugal memastikan diri keluar sebagai juara Euro 2016 usai menumbangkan Prancis 1-0 dalam laga final nan dramatis yang digelar di Stade de France, Senin (11/7) dini hari WIB. Portugal secara mengejutkan sukses jadi kampiun Euro 2016 usai mengalahkan tuan rumah turnamen, Prancis, lewat skor tipis 1-0 melalui babak perpanjangan waktu. Gelar perdana Seleccao di turnamen akbar sepakbola itu ditentukan oleh gol semata wayang, yang diciptakan secara fantastis oleh bomber pengganti, Eder, di menit 109.

Berita Euro 2016 : Portugal juara Piala Eropa Untuk Pertama Kalinya

Paruh pertama berlangsung dengan kedua tim bermain sangat berhati-hati. Meski begitu, dalam seperempat jam pertama tempo pertandingan berjalan begitu cepat. Tragedi hadir buat Portugal ketika bentrok memasuki menit ke-25. Kapten sekaligus bintang utama mereka, Cristiano Ronaldo, harus ditarik keluar akibat cedera karena insiden benturan dengan Payet beberapa menit sebelumnya.

Posisinya digantikan Ricardo Quaresma, tapi praktis Portugal jadi tak memiliki banyak alternatif ketika melancarkan serangan. Mereka pun bermain pasif, bertahan, dan memperlambat tempo, hingga babak pertama berakhir dengan skor kacamata.

Babak kedua berlangsung dengan kuasa bola penuh berada di kaki-kaki para penggawa Prancis. Gelandang andalan mereka, Paul Pogba, kemudian hampir mencatatkan namanya di papan skor andai tembakannya di menit ke-54 tak melambung di atas mistar lawan. Dan babak kedua pun berakhir dengan skor 0-0 sehingga pertandingan dilanjutkan dengan babak tambahan.

banyak yang mengira pertandingan akan berakhir adu pinalti untuk menentukan juara Euro 2016. Tetapi pemain pengganti Eder berhasil mencetak gol pada menit ke-109 dengan tendangan spektakuler. Dan Akhirnya Portugal menjadi juara Euro untuk pertama kalinya dalam sejarah.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)