sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Travel & Kuliner » Bandeng Miliki Kandungan Omega 3 Lebih Banyak Dari Ikan Lain

Bandeng Miliki Kandungan Omega 3 Lebih Banyak Dari Ikan Lain



Jakarta – Di Jakarta dan sekitarnya, mungkin sebagian masyarakatnya pernah mencicipi kelezatan daging bandeng. Selain presto, ada pindang bandeng, sop, tim, digoreng, dibakar, atau dipepes. Ada Lagi masakan khas dari Gresik yang terbuat dari ikan bandeng namanya adalah otak-otak bandeng.

Bandeng Miliki Kandungan Omega 3 Lebih Banyak Dari Ikan Lain

Selain duri dan rasa khasnya, ternyata ikan ini memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan manusia. Menurut pengujian yang telah dilakukan, ikan bandeng memiliki kandungan omega 3 lebih banyak dibandingkan dengan jenis ikan lain.

Pada ikan bandeng, kandungan omega 3 sebesar 14,2 persen, sementara ikan lainnya seperti sardin mengandung 3,9 persen, salmon (2,6 persen), dan tuna (0,2 persen). Asam lemak omega terdiri dari omega 3, 6, dan 9. Omega 3 merupakan jenis lemak tak jenuh ganda yang tidak bisa diproduksi tubuh manusia. Omega 3 penting sebagai asam lemak esensial yang terbentuk dari asam lemak seperti EPA (eicosapentaenoic acid), DHA (docosahexaenoic acid), dan ALA (A-linolenat).

Selain omega 3, kandungan protein pada bandeng sebesar 20,38 persen, lebih tinggi daripada beberapa ikan lain. Mengonsumsi bandeng dapat memenuhi kebutuhan protein tubuh. Tingginya kandungan gizi pada bandeng dapat mencegah penyakit jantung koroner, juga meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi rutin ikan bandeng dapat mencegah penyakit kekurangan gizi mikro dan dapat membantu pertumbuhan sistem saraf serta perkembangan otak. Manfaat lain adalah dapat mengurangi risiko hipertensi.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)