Home » Sport » Final Euro 2016 : Sejarah Baru Menanti Deschamps

Final Euro 2016 : Sejarah Baru Menanti Deschamps



Paris – Didier Deschamps selaku Pelatih Timnas Perancis, akan mengukir sejarah sebagai sosok pertama yang memenangkan Piala Eropa sebagai pemain dan pelatih jika tim Les Bleus sukses dalam mengalahkan Portugal pada laga final Piala Eropa di Prancis, pada Senin pukul 02.00 WIB (11/07/2016).

Final Euro 2016 : Sejarah Baru Menanti Deschamps

Pada tahun 2000, pria berumur 47 tahun tersebut pernah mengangkat Piala Henry Delauny Cup sebagai pemain saat mengalahkan Italia 2-1 di Rotterdam, Belanda.

Laga tersebut telah berlalu 16 tahun yang lalu, dan sebagai pelatih timnas Perancis, Deschamps berpeluang menjadi orang pertama yang berkesempatan memenangkan Piala Eropa dan pelatih.

Deschamps akan memiliki rekor yang lebih baik daripada bekas pemain dan pelatih Jerman yakni Berti Vogts. Berti Vogts memang sempat membawa Jerman juara Piala Eropa pada tahun 1996 di Inggris, akan tetapi ia bukan pemain inti di Timnas Jerman Barat pada Piala Eropa 1972 di Belgia.

Zinedine Zidane, rekan senegara Deschamps yang sama-sama pernah menjadi pemain dan pelatih yang berhasil membuat Real Madrid menjadi juara Liga Champions dan UEFA. (bimbim)