Home » News » Mudik Lebaran 2016 : Jumlah Penumpang di Bandara Yogyakarta Mengalami Kenaikan

Mudik Lebaran 2016 : Jumlah Penumpang di Bandara Yogyakarta Mengalami Kenaikan



Yogyakarta – Transportasi udara masih menjadi idola di sebagian masyarakat selama mudik Lebaran. Seperti pada Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Tahun ini, jumlah penumpang pesawat dengan tujuan Jogja meningkat cukup signifikan.

Mudik Lebaran 2016 : Jumlah Penumpang di Bandara Yogyakarta Mengalami Kenaikan

Agus Pandu Purnama selaku General Manajer dari Bandara Adisutjipto itu mengatakan bahwa setiap tahun penumpang pesawat terbang bertambah. Dia memperkirakan jumlah penumpang akan naik sekitar 7 persen.

Namun sejak H-12 lalu, jumlah penumpang malah naik 17 persen, melebihi perkiraan Agus sebelumnya.

“Saya pantau sejak H-12, 24 Juni kemarin, dari tahun lalu sudah naik 17 persen. Kalau tahun lalu itu 18.350. Tahun ini pada H-12 kemarin sudah mencapai 20.050 orang. Jadi signifikan sekarang, makin bertambah cukup signifikan. Saya prediksi H-3 itu puncaknya,” ujar Pandu, Yogyakarta, Jumat 1 Juli 2016.

Kenaikan tersebut dipicu oleh liburan panjang sekolah yang bersamaan dengan libur Hari Raya Idul Fitri. Selain itu juga, Yogyakarta yang masih memiliki daya tarik yang kuat sebagai kota tujuan wisata. Apalagi, bakal ada penambahan penerbangan untuk tujuan Yogyakarta dari tiga maskapai penerbangan, yakni Garuda, Sriwijaya Air dan Nam Air.

“Pesawat tambah sekarang, jadi 154 flight per hari. Ternyata di atas 10 persen. Kemarin kan hanya 7 persen, ternyata prediksi ini salah. Jadi lebih banyak lagi, di atas 10 persen mungkin karena liburan panjang sekolah,” kata Pandu.
(bimbim)