Home » Gaya Hidup » Manfaat Lidah Buaya Untuk Obati Diabetes

Manfaat Lidah Buaya Untuk Obati Diabetes



Jakarta – Yang kita tahu selama ini, kegunaan lidah buaya hanya untuk sekedar perawatan kecantikan dan perawatan rambut saja. Tetapi ternyata tanaman yang memiliki nama latin Aloe Vera itu juga bisa mengatasi penyakit diabetes.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Obati Diabetes

Baru-baru ini sebuah studi mempelajari aloe vera yang mempunyai khasiat antidiabetes. Telah di ujicoba bahwa tanaman yang berasal dari benua Afrika ini bisa digunakan sebagai penurun kadar gula darah dan bisa sangat membantu bagi pasien yang mengidap diabetes tipe 2.

Lidah buaya sudah digunakan dalam bentuk krim dan gel pada phytotherapy, dermatologi dan kosmetik selama kurang lebih 6000 tahun lamanya. Baru-baru ini juga peneliti dari Amerika mempublikasikan ulasan mereka yang membahas tentang sembilan studi mengenai kegunaan aloe vera terhadap para pasien yang mengidap diabetes dalam Journal of Alternative and Complementary.

Berbagai data telah dikumpulkan dan diteliti. Dapat diambil kesimpulan bahwa mengonsumsi aloe vera sebagai suplemen dapat mengurangi kadar glukosa dalam darah secara signifikan (46,6 mg/dl), juga dapat mengurangi glycated hemoglobin (HbA1c) hingga 1,05 persen yang mengindikasikan kadar rata-rata gula selama tiga bulan terakhir.

Peneliti menemukan, pasien diabetes dengan gula darah mencapai 200mg/dl bisa mencoba mengonsumsi rutin aloe vera. Rutin mengonsumsi aloe vera memicu sekresi insulin yang bermanfaat bagi penderita diabetes. Seperti yang dilansir dari laman Newsmax, Sabtu (2/7/2016).

Untuk mengonsumsi aloe vera ini, caranya bisa dijadikan sebagai jus. Mengonsumsi jus aloe vera disarankan untuk meminumnya 50ml per hari. Sedangkan dosis untuk kapsul yaitu 200 hingga 300mg per hari. (bimbim)