Home » News » Banjir Setinggi 2 Meter Genangi Antapani Bandung Akibat Tanggul Jebol

Banjir Setinggi 2 Meter Genangi Antapani Bandung Akibat Tanggul Jebol



Bandung – Tingginya curah hujan yang masih terjadi di Indonesia telah banyak mengakibatkan banjir di sejumlah daerah. Di Antapani Kota Bandung terjadi banjir setinggi 2 meter akibat dari jebolnya tanggul setinggi 1,5 meter dan lebar 6 meter. Tanggul tersebut tidak mampu menampung luapan Sungai Cikileuy dan tergerus oleh derasnya aliran sungai sehingga jebol dan merendam kawasan Kecamatan Antapani.

Banjir Setinggi 2 Meter Genangi Antapani Bandung Akibat Tanggul Jebol

Berdasarkan informasi yang telah diterima, Jumat (1/7/2016) malam, kejadian tanggul jebol ini terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Akibat meluapnya Sungai Cikileuy, ratusan rumah di sekitarnya terendam air setinggi lutut orang dewasa. Kejadian yang berlangsung begitu cepat membuat pemilik rumah tidak bisa menyelamatkan harta benda.

“Seluruh harta benda kerendem air. Tadi pas jebol air sampai dua meter di dalam rumah,” kata Undang kepada wartawan di lokasi kejadian.

“Warga juga buat penghalang di setiap gang-gang pakai karung isi pasir dengan maksut agar air tidak masuk kedalam rumah,” tambahnya.

Asep Nurjaman selaku ketua RW 07 Antapani mengungkapkan dirinya sudah berkoordinasi dengan unsur terkait dengan penanganan banjir di wilayahnya. Sedangkan para warga telah bergotong royong untuk berusaha melakukan penanganan dengan peralatan seadanya.

“Tidak lama dari kejadian, BPBD Jabar dan Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) langsung datang dan melakukan penyedotan,” terang dia.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)