sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Gorontalo Diguncang Gempa

Gorontalo Diguncang Gempa



Gorontalo – Gorontalo dan sekitarnya diguncang gempa pada Kamis (30/6/2016) petang. Gempa terjadi dua kali dalam waktu yang berdekatan, tak sampai berselang satu jam.

Gorontalo Diguncang Gempa

Menurut keterangan pers Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) keduanya merupakan gempa tektonik. Gempa pertama terjadi pukul 17.46 WIB dengan kekuatan 5,0 SR. Gempa terpusat di 42 kilometer arah timur laut Bunobogu, dengan kedalaman 45 kilometer.

Sementara gempa ke-dua terjadi pukul 18.43 WIB. Kekuatannya juga 5,0 SR. Kali ini gempa berpusat di 41 kilometer arah selatan Pimpi, Bolaang Mongondow. Kedalamannya 228 kilometer. Kedua gempa bumi sama-sama disebabkan oleh aktivitas subduksi lempeng.

Dr. Daryono, S.Si, M.Si. Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BKMG pun menegaskan, kedua gempa sama-sama tidak menimbulkan potensi tsunami.

“Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpancing isu,” ujarnya dalam pernyataan.

Hingga saat ini tidak ada laporan soal kerusakan bangunan rumah, meski masyarakat yang merasakannya di kawasan kota Gorontalo, Embodo, Popalo, Bionga, Boroko, Pinogu, Bukaan, dan Toli-Toli sempat panik dan berhamburan ke luar gedung. BKGM menyampaikan, Gorontalo merupakan salah satu daerah rawan gempa bumi. Salah satu catatan yang terkuat adalah yang terjadi pada 16 November 2008. Saat itu kekuatan gempa 7,3 SR dan mengakibatkan empat orang meninggal, 59 orang luka, ratusan rumah rusak.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)