Home » Techno » Google Hadirkan Widget Baru Untuk Pencarian Informasi Tentang Gempa

Google Hadirkan Widget Baru Untuk Pencarian Informasi Tentang Gempa



Washington – Zaman sekarang ini, kita bisa dengan mudah mengetahui apakah tanah yang kita injak ini bergetar akibat gempa bumi atau tidak. Penduduk yang tinggal di zona gempa terkadang bertanya-tanya apakah mereka merasakan gempa bumi atau tidak.

Google Hadirkan Widget Baru Untuk Pencarian Informasi Tentang Gempa

Kini mesin pencari Google bisa mengetahui hal tersebut, dengan cara ketik kata kunci “earthquake” (gempa bumi) dan “earthquake near me” (gempa di dekat saya) di mesin pencari google guna mencari tahu apa yang sedang terjadi di dekat kita.

Perusahaan besar Google bekerja sama dengan US Geological Survey menambah data gempa bumi secara detail dan terperinci untuk hasil pencarian dengan kata “earthquake” (gempa bumi). Pencarian kata kunci tersebut akan memunculkan peta gempa bumi terbaru dengan informasi tentang pusat gempa, intensitas, dan lain-lain. Dilansir dari laman Techcrunch, Kamis (30/6/2016).

William leith selaku koordinator program bahaya gempa bumi US Geological Survey mengatakan “Memastikan bahwa informasi gempa kami sampai kepada orang-orang itu sangat penting bagi US Geological Survey dan kami senang Google menemukan pendekatan kreatif untuk membantu merealisasikannya”

Data yang didapat dari US Geological Survey dapat ditampilkan oleh pihak Google dalam beberapa detik. Sementara di belahan bumi lain, bisa memakan waktu kurang lebih 30 menit bagi lembaga serupa untuk mengolah dan mempublikasikannya.

Google’s Earthquake ini bersifat global. Tetapi dikarenakan masih baru, fitur ini hanya bisa memuat pencarian dalam bahasa inggris saja (bimbim)