Home » News » Puncak Arus Mudik Diprediksi Terjadi Pada H-4

Puncak Arus Mudik Diprediksi Terjadi Pada H-4



Jakarta – Mudik lebaran adalah sebuah fenomena yang rutin terjadi di Indonesia sekali dalam setahun untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga. Puncak arus mudik kali ini diperkirakan akan terjadi pada H-4 lebaran.

Puncak Arus Mudik Diprediksi Terjadi Pada H-4

Pihak Polisi Republik Indonesia memprediksi puncak arus mudik 2016 akan terjadi pada H-4 Lebaran atau Sabtu 2 Juni 2016. Sementara untuk puncak arus balik diprediksi pada H+3 Lebaran atau 9 Juli 2016.

“Puncak arus mudik Lebaran untuk semua alat transportasi diprediksikan terjadi pada H-4 dan arus balik pada H+3,” ujar Kapolri Jendral Badrodin Haiti di Mapolda Metro Jaya, Kamis (30/6/2016).

Badrodin mengatakan, mayoritas pemudik pada tahun ini masih didominasi oleh pengguna alat transportasi umum yakni, sebanyak 17,6 juta orang. masyarakat yang memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi masih didominasi oleh pengendara sepeda motor sebanyak 5,6 juta orang.

“Pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi diprediksi sebanyak 2,4 juta kendaraan roda empat dan untuk sepeda motor sebanyak 5,6 juta kendaraan.

Untuk mengamankan jelang hari raya Idul Fitri 1437 H, polisi menggelar Operasi Ramadniya Jaya 2016. Sebanyak 158.402 personel gabungan yang akan diterjunkan selama pelaksanaan Operasi Ramadniya ini.

Mereka akan disebar di seluruh wilayah Indonesia, terutama di daerah-daerah yang rawan dengan potensi kemacetan dan tindak kriminal.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)