Home » News » Presiden Duterte Perintahkan Segera Lumpuhkan Abu Sayyaf

Presiden Duterte Perintahkan Segera Lumpuhkan Abu Sayyaf



Manila – Presiden baru Filipina Rodrigo Duterte yang secara resmi menjabat sejak Kamis (30/6/2016) ini langsung memerintahkan kepada aparat militer untuk segera melumpuhkan kelompok bersenjata Abu Sayyaf yang belakangan ini semakin sering melakukan aksinya dengan menyandera warga asing dengan tujuan meminta tebusan.

Presiden Duterte Perintahkan Segera Lumpuhkan Abu Sayyaf

Prioritas Presiden Duterte tersebut disampaikan oleh Menteri Pertahanan yang baru, Delfin Lorenzana, seperti dilansir AFP, Kamis (30/6/2016).

Menurut Lorenzana, keputusan yang diambil oleh Duterte ini dikarenakan kelompok Abu Sayyaf semakin kerap melakukan penculikan warga asing yang berdampak terhadap ekonomi Filipina. Terakhir, pemerintah Indonesia melarang pengiriman batubara ke Filipina pasca disanderanya kembali tujuh ABK WNI yang sedang melakukan pengiriman batubara pada saat itu.

Hal tersebut otomatis berdampak pada perekonomian Filipina. Lorenzana lantas melakukan koordinasi dengan para komandan militer Filipina untuk mengambil langkah-langkah segera agar instruksi dari Presiden Duterte segera dapat dilaksanakan untuk melumpuhkan Abu Sayyaf.

“Prioritas kita adalah Abu Sayyaf, karena itu yang menjadi perintah presiden baru kita: tangani Abu Sayyaf segera agar kita bisa melumpuhkan mereka,” ucap Lorenzana kepada wartawan setempat, mengutip instruksi Duterte yang baru dilantik hari ini.
(Samsul Arifin)