Home » News » Petisi Ungkap Vaksin Palsu Mendapatkan Banyak Dukungan

Petisi Ungkap Vaksin Palsu Mendapatkan Banyak Dukungan



Jakarta – Maraknya berita yang beredar terkait dengan vaksin palsu membuat semua orang menjadi khawatir akan imunisasi atau vaksin-vaksin yang beredar sekarang. Apalagi sindikat pemalsuan vaksin tersebut diduga sudah beredar sejak 2003.

Petisi Ungkap Vaksin Palsu Mendapatkan Banyak Dukungan

Pihak pemerintah nampaknya tidak langsung membeberkan siapa-siapa saja yang terlibat dalam sindikat pemalsuan vaksin tersebut atau terkesan menutupi. Oleh karena itu sejak Senin (27/6/2016), change.org mengeluarkan petisi untuk mengungkap sindikat pemalsuan vaksin tersebut. Petisi ini telah didukung oleh 22.031 pendukung sampai dengan, Rabu (29/6/2016).

Dalam petisi yang diunggah oleh Niken Rosady, meminta kepada pemerintah dan Bareskrim untuk menarik semua vaksin yang beredar. Vaksin tersebut digantikan dengan vaksin asli dan aman yang dimiliki oleh Kementerian Kesehatan. Hal ini dikatakan untuk menjamin keamanan dan perlindungan kesehatan bayi-balita di Indonesia.

Dukungan juga mencakup untuk dibukanya daftar nama distributor, Rumah Sakit, Klinik atau tempat kesehatan lainnya yang terindikasi dan terbukti menggunakan vaksin palsu. Permintaan lainnya juga untuk mendorong pemerintah melakukan vaksin ulang. Vaksin ulang ini untuk anak-anak yang lahir antara tahun 2003 sampai 2016 untuk menjamin bebas dari penyakit berbahaya.

Badan POM dan Kementerian Kesehatan belum dapat mengungkapkan cairan apa saja yang terkandung dalam vaksin palsu yang beredar. Bahkan, Menteri Kesehatan Nila Moeloek sempat mengatakan bahwa vaksin palsu ini tidak memiliki dampak buruk bagi anak.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)