Home » News » Turkey Sudah Alami 8 Kali Teror Bom Selama 2016

Turkey Sudah Alami 8 Kali Teror Bom Selama 2016



Jakarta – Negara Turkey sedang berkabung dengan serangan teror bom di istanbul. Serangan terbaru tersebut merupakan serangan bom untuk ke-8 kalinya terhadap negara Turkey. Semua serangan tersebut disinyalir dilakukan oleh ISIS dan pemberontak Partai Pekerja Kurdistan (PKK)

Turkey Sudah Alami 8 Kali Teror Bom Selama 2016

Bulan Maret dan Juni merupakan bulan dimana serangan bom paling banyak terjadi di Turkey. Pada 13 Maret 2016 serangan bom yang melibatkan anggota TAK terjadi di Ibu Kota Turkey Ankara dengan 37 korban tewas dan 75 luka-luka. Selanjutnya tanggal 19 dan 31 Maret juga terjadi serangan bom. Pada tanggal 19 bom bunuh diri dilakukan oleh militan ISIS di kawasan wisata kota Istanbul. Sedangkan pada 31 Maret bom mobil meledak yang menargetkan minibus di Diyarbakir dengan dugaan pelaku anggota PKK.

Pada Awal tahun turkey juga mengalami serangan bom. Pada 12 Januari disebuah tempat perbelanjaan yang ada di Istanbul terjadi serangan bom bunuh diri dengan dugaan pelaku militan ISIS. Dan pada 17 Februari 2016 terjadi ledakan bom yang menargetkan kendaraan militer Turkey yang mengakibatkan 29 orang meninggal dan 61 orang luka-luka.

Sedangkan di bulan Juni terdapat 3 serangan bom yang kembali mengguncang Turkey. Secara beruntun pada tanggal 7 dan 8 Juni 2016 serangan bom dilakukan oleh PKK dan mengakibatkan total jumlah korban meninggal sebanyak 14 orang dan 66 orang luka-luka. Dan yang terbaru adalah serangan bom yang terjadi di bandar udara Atartuk, Istanbul. Serangan tersebut disinyalir dilakukan oleh kelompok PKK.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)