sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Jamaah Naqsabandiyah Rayakan Idul Fitri Tanggal 4 Juli 2016

Jamaah Naqsabandiyah Rayakan Idul Fitri Tanggal 4 Juli 2016



Padang – Jamaah Naqsabandiyah di Sumatra Barat telah melakukan puasa sejak tanggal 4 Juni 2016. Dan Jamaah tersebut akan merayakan Hari Raya Idul Fitri pada tanggal 4 Juli 2016.

Jamaah Naqsabandiyah Rayakan Idul Fitri Tanggal 4 Juli 2016

Dalam penentuan Ramadan dan Lebaran, jamaah tarekat Naqsabandiyah merujuk pada kalender Hisab Munjid sesuai yang telah diajarkan kepada murid Rasulullah di Arab. Sehingga tak heran, jika mereka lebih cepat berpuasa dan berlebaran dibanding Muslim lainnya yang menunggu keputusan pemerintah.

“Kita akan merayakan Hari Kemenangan kita pada 4 Juli nanti yang jatuh pada hari Senin mendatang. Genap 30 hari kita melakukan puasa,” kata Sekretaris Naqsabandiyah Masjid Baitul Makmur Pauh, Padang, Edizon Revindo kepada wartawan, Selasa (28/6/2016).

“Jadi pada Minggu (3 Juni) malam kita sudah melakukan malam takbiran bersama-sama dengan jamaah lainnya,” tuturnya.

Pada Ramadan saat ramadan seperti ini biasanya di masjid tersebut sering kedatangan jamaah tarekat Naqsabandiyah dari luar kota seperti Solok, Agam, Bukittinggi dan lainnya. Mereka mengadakan ritual suluk di sana.

Pelaksaan suluk tergantung tingkatan. Bagi pemula hanya membaca ayat-ayat Alquran, salat serta berzikir 40 sampai 60 hari. Jika tahap pertama sudah selesai, maka limit waktu sulut bisa ditambah 20 hingga 10 hari lagi. Ini salah satu metode untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. “Ini dilakukan selama bulan Ramadan,” pungkas Edizon. (Muslich Basyirun – sisidunia.com)