sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Rumah Sakit dan Dokter Yang Terlibat Vaksin Palsu Akan Dipidana

Rumah Sakit dan Dokter Yang Terlibat Vaksin Palsu Akan Dipidana



Jakarta – Rumah Sakit dan dokter yang terlibat dalam peredaran dan penggunaan vaksin palsu akan ditindak secara pidana. Hal ini ini ditegaskan oleh Menteri Kesehatan Nila F Moeloek saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Senin (27/6/2016).

Rumah Sakit dan Dokter Yang Terlibat Vaksin Palsu Akan Dipidana

“Kalau RS dan dokter terlibat, itu ke pidana. Kalau tahu itu palsu dan tetap memberikan, itu kriminal,” kata Nila di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat.

“RS bisa dituntut, dokter dicabut izinnya (kalau tahu vaksin palsu dan tetap memberikan),” lanjutnya.

Menurut Nila, Kementerian Kesehatan telah bekerjasama dengan BPOM dan kepolisian untuk menyelidiki kandungan yang dicampurkan dalam vaksin palsu.

“Kita sudah koordinasi dengan BPOM, IDAI, yang kami mintakan adalah konten dari vaksin ini apa? Kami hanya dengar dari media. BPOM akan periksa uji lab apa isinya,” papar Nila.

Dalam waktu dekat, jajaran di Kementerian Kesehatan akan melakukan pelacakan terhadap anak-anak yang terlanjut mendapatkan vaksin palsu guna diberikan imunisasi ulang agar mendapatkan kekebalan tubuh dari imunisasi yang tidak mereka dapatkan lewat vaksin palsu.

“Kita mengejar untuk melakukan kekebalan ke anak yang terkena tersebut. Itu langkah yang akan kita lakukan,” ujar Nila.
(Samsul Arifin)