Home » News » Filipina Akhirnya Ijinkan TNI Kejar Perompak Hingga Masuk ke Wilayah Filipina

Filipina Akhirnya Ijinkan TNI Kejar Perompak Hingga Masuk ke Wilayah Filipina



Jakarta – Pemerintah Filipina akhirnya memberikan kelonggaran kepada Pemerintah Indonesia untuk mengejar perompak atau teroris yang menyandera kapal atau ABK WNI hingg masuk ke wilayah teritorial Filipina.

Filipina Akhirnya Ijinkan TNI Kejar Perompak Hingga Masuk ke Wilayah Filipina

Kabar positif ini disampaikan oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu yang sebelumnya mengadakan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Filipina Voltaire T Gazmin pada Minggu (26/6).

Pada pertemuan tersebut keduanya membahas soal penyanderaan yang kembali terjadi terhadap WNI di perairan Filipina Selatan serta tindak lanjut kesepakatan antara Indonesia, Filipina, dan Malaysia soal patroli keamanan bersama di perbatasan ketiga negara.

Ryamizard Ryacudu mengatakan, ada beberapa terobosan kesepakatan yang dihasilkan dalam pertemuan tersebut, salah satunya adalah TNI diperbolehkan melakukan pengejaran hingga ke wilayah daratan Filipina bila ada peristiwa penyanderaan kembali.

“Pemerintah Filipina mengizinkan pengejaran terhadap perompak dan teroris di Filipina Selatan hingga melintasi perbatasan laut RI-Filipina. Semua dilakukan dalam kerangka semangat ASEAN, yakni keamanan dan stabilitas kawasan,” kata Ryamizard, di Manila.

“Filipina sangat positif dan terbuka dalam menyelesaikan persoalan keamanan di Kepulauan Sulu,” tambah Ryamizard.

Kabar ini kemudian telah dilaporkan kepada Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan HAM, serta Mabes TNI.
(Samsul Arifin)