Home » News » Tersangka Kasus Vaksin Palsu Kini Bertambah Jadi 13 Orang

Tersangka Kasus Vaksin Palsu Kini Bertambah Jadi 13 Orang



Jakarta – Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Tipideksus) Bareskrim Polri terus melakukan pengembangan kasus vaksin palsu yang ditemukan pada pekan lalu sehingga kini telah menahan 13 orang tersangka dari 8 tempat kejadian perkara (TKP) yang berbeda.

Tersangka Kasus Vaksin Palsu Kini Bertambah Jadi 13 Orang

“Sudah ada 13 tersangka,” kata Direktur Tipideksus Brigjen Agung Setya, Minggu (26/6/2016).

“Ada 8 TKP kita nangkap mereka. Kalau tempat pembuatannya ada di 4 tempat (TKP),” ujar Agung.

Para tersangka yang tertangkap ini ternyata sudah lama membuat dan mengedarkan vaksin palsu ke rumah sakit dan klinik kesehatan di Jakarta dan sekitarnya. Perbuatan para tersanngka ini tentunya sangat merugikan karena membuat bayi yang diberi vaksin palsu buatan mereka menjadi rentan terhadap penyakit.

“Praktik pembuatan vaksin palsu ini akan membuat generasi kita rentan dengan virus yang menyerang anak balita yang akibatnya dirasakan ketika dewasa,” kata Agung sebelumnya pada Rabu (22/6/2016).

Ketigabelas tersangka kini ditahan di Bareskrim dengan dijerat Pasal 196 jo Pasal 98 dan atau Pasal 197 jo Pasal 106 dan atau Pasal 198 jo Pasal 108 Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, dan Pasal 62 jo Pasal 8 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Mereka juga terancam UU Tindak Pidana Pencucian Uang.
(Samsul Arifin)