Home » Sport » Pebalap Bertumbangan, Jack Miller Juara Untuk Pertama Kalinya

Pebalap Bertumbangan, Jack Miller Juara Untuk Pertama Kalinya



Assen – Balapan MotoGP Belanda 2016 yang diadakan di Sirkuit Assen, Minggu (26/6/2016) malam WIB diwarnai dengan banyak pebalap papan atas yang bertumbangan akibat tergelicir setelah arena balap diguyur hujan yang cukup lebat.

Pebalap Bertumbangan, Jack Miller Juara Untuk Pertama Kalinya

Pada awal start, Scott Redding yang berada di posisi ketiga langsung melesat menjadi yang terdepan. Namun Redding gagal mempertahankan posisinya di tikungan pertama yang kemudian diambil alih oleh Rossi dengan diikuti oleh Andrea Dovizioso di posisi kedua, dengan dibayangi Yonny Hernandez di posisi ketiga.

Hernandez kemudian berhasil menyalip Dovizioso untuk berada di posisi kedua membayang-bayangi Rossi yang berada di posisi terdepan. Saat Rossi sedikit melebar, Hernandez mengambil kesempatan itu dan menjadi terdepan. Ia lantas menekan gas motornya dalam-dalam untuk semakin memperpanjang jaraknya dengan Rossi dan Dovizioso yang berada di belakangnya.

Yang luar biasa, pebalap Andrea Iannone yang harus start di posisi paling belakang berhasil memperbaiki posisinya dengan cepat dan berada di posisi ke-9. Iannone kemudian terus melaju dan memperbaiki posisinya hingga berada di urutan ke-6, tepat berada di belakang Marquez.

Menjelang lap kedepalapan, sirkut menjadi basah kembali setelah hujan deras menemani jalannya balapan. Di tengah trek yang basah, Hernandez mengalami nasib sial dengan motornya tergelincir sehingga posisinya diambil alih oleh Dovizioso yang sebelumnya berhasil menyalip Rossi.

Tidak lama kemudian Iannone juga tergelincir sehingga ia harus terlempar ke urutan 17.

Posisi kedua yang diduduki Rossi kemudian diambil alih Danilo Petrucci sehingga Rossi harus turun satu tingkat ke urutan tiga dengan dibayangi Redding di belakangnya.

Pada lap ke-15 bendera merah terpaksa dikibarkan karena hujan makin deras mengguyur Sirkuit Assen sehingga jalannya balapan harus dihentikan untuk sementara karena trek menjadi licin dan berbahaya.

Setelah hujan berhenti dan sirkuit menjadi lebih kering, balapan kembali dilanjutkan dengan posisi pebalap berdasarkan urutan terakhir sebelum balapan dihentikan.

Dovizioso berada di posisi pertama, diikuti Petrucci di posisi kedua, Rossi di posisi ketiga, dan Redding di posisi keempat. Sedangkan Marquez dan Dani Pedrosa masing-masing berada di posisi kelima dan keenam. Iannone masih berada di posisi ke-17 dan Lorenzo tercecer ke posisi 19.

Saat start kembali diulang, Marquez langsung tancap gas dan langsung mengambil alih posisi terdepan. Namun posisinya initidak berlangsung lama karena pada saat ia melebar Dovizioso dan Rossi langsung memanfaatkan kesempatan itu sehingga Marquez harus mundur ke posisi ketiga.

Saat balapan tersisa 10 lap lagi Dovizioso jatuh tergelincir sehingga Rossi mengambil alih posisinya dibayangi Marquez di belakangnya.

Tidak lama kemudian nasib yang sama terjadi pada Valentino Rossi yang jatuh tergelincir sehingga Marquez kini menjadi yang terdepan. Sedangkan di belakang Marquez ada pebalap Estrella Galicia asal Australia, Jack Miller, yang dengan sangat luar biasa mampu menyalip pebalap-pebalap lain sehingga berada di posisi kedua.

Menjelang akhir lap, Jack Miller berhasil mendahului Marquez dan membawa motornya semakin menjauh dari pebalap yang lain.

Pada lap terakhir, Jack Miller akhirnya berhasil menyentuh garis finish lebih dulu, diikuti Marquez di posisi kedua dan Redding di posisi ketiga. Sedangkan di posisi keempat dan kelima ada Espargaro dan Iannone.

Ini merupakan prestasi tersendiri bagi Jack Miller yang masih berusia 21 tahun dengan berhasil menjadi juara balapan MotoGP untuk yang pertama kalinya.
(Samsul Arifin)