Home » Gaya Hidup » Melihat Smartphone Dalam Kamar Gelap Bisa Berakibat Kebutaan

Melihat Smartphone Dalam Kamar Gelap Bisa Berakibat Kebutaan



London โ€“ Bagi Anda yang gemar melihat atau bermain dengan smartphone Anda sambil berbaring di dalam kamar gelap sebelum tidur sebaiknya jangan dilakukan lagi karena kebiasaan itu dapat mengakibatkan kebutaan.

Melihat Smartphone Dalam Kamar Gelap Bisa Berakibat Kebutaan

Hal ini telah terjadi pada dua orang wanita di Inggris yang mengaku mengalami kebutaan sementara karena mereka melihat smartphone sebelum tidur.

Mereka berdua mengaku mengalami kebutaan sementara selama 15 menit setelah melihat smartphone dalam kamar yang gelap sambil berbaring di tempat tidur.

Kisah dua wanita Inggris ini telah diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada Kamis (23/6/2016) lalu.

“Saya hanya bertanya kepada mereka: Apa yang sebenarnya Anda lakukan ketika kebutaan terjadi?โ€ kata Dr. Gordon Plant dari Rumah Sakit Mata Moorfield di London yang memeriksa keduanya.

Menurut pengakuan mereka, keduanya kerap melihat smartphone dengan posisi tubuh miring dimana mata yang satunya tertutup oleh bantal di malam hari sebelum mereka tidur.

“Jadi hanya satu mata yang disesuaikan dengan cahaya sedang mata lainnya disesuaikan dengan kegelapan,” lanjut Dr. Gordon.

Saat smartphone dimatikan, mata yang dipakai untuk melihat terangnya smartphone di kamar yang gelap tersebut tidak dapat langsung beradaptasi dengan kegelapan yang tiba-tiba sehingga menyebabkan kebutaan sementara.

Menurut Dr. Gordon, hal tersebut sebenarnya bisa dihindari bila mereka melihat smartphone-nya dengan kedua mata.

Namun menurut Dr Rahul Khurana dari American Academy of Ophthalmology, peristiwa ini harus dikaji lebih mendalam sehingga didapat kesimpulan apakah melihat cahaya terang dari smartphone di ruang gelap dengan kedua mata tidak menimbulkan kebutaan juga, ataukah ada penyebab lain dari kebutaan tersebut.
(Samsul Arifin)