Home » News » KPK Terus Cari Tersangka Lain Kasus Suap Reklamasi

KPK Terus Cari Tersangka Lain Kasus Suap Reklamasi



Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih akan terus mengembangkan kasus dugaan suap dalam pembahasan Raperda terkait reklamasi Pantai Utara Jakarta yang hingga kini masih tiga orang tersangka yang ditakan KPK.

KPK Terus Cari Tersangka Lain Kasus Suap Reklamasi

Menurut Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati, KPK akan terus mencari tersangka lain yang terlibat dalam kasus ini termasuk kemungkinan memanggil mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo atau Foke untuk dimintai keterangannya.

“Jika memang ada pengembangan kasus bisa saja (KPK panggil Foke). Kemungkinan memeriksa selalu terbuka,” ujar Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati saat dikonfirmasi, Minggu (26/6/2016).

Keterangan Foke perlu didengar KPK karena menurut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Foke yang mengeluarkan lima ijin prinsip reklamasi, sedangkan Ahok yang mengeluarkan tiga ijin pelaksanaan reklamasi.

Kasus suap Raperda reklamasi ini sendiri terungkap setelah KPK berhasil melakukan operasi tangkap tangan (OTT) pada Kamis (30/3/2016) dan menetapkan tiga orang tersangka yaitu mantan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta M Sanusi, Personal Assistant PT Agung Podomoro Land Trinanda Prihantoro, dan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja.

Setelah melakukan pengembangan kasus, KPK menduga masih ada anggota DPRD DKI yang terlibat karena sebelumnya ada pertemuan antara bos Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan dengan beberapa anggota DPRD DKI.

Kabarnya pertemuan tersebut melibatkan Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi, Wakil Ketua DPRD DKI Mohamad Taufik, Ketua Pansus Reklamasi Selamat Nurdin, Anggota Balegda Muhammad Ongen Sangaji, Sanusi, dan Ariesman Widjaja.
(Samsul Arifin)