Home » News » Verifikasi Faktual, Teman Ahok Siapkan 4 Ribu Orang untuk Tim Verifikasi Faktual

Verifikasi Faktual, Teman Ahok Siapkan 4 Ribu Orang untuk Tim Verifikasi Faktual



Jakarta – Terkait proses verifikasi data KTP yang disyaratakan oleh Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pilkada, Teman Ahok saat ini sedang merekrut sekitar 4.000 relawan untuk melakukan verifikasi.

Verifikasi Faktual, Teman Ahok Siapkan 4 Ribu Orang untuk Tim Verifikasi Faktual

Hal ini disampaikan oleh salah satu pendiri Teman Ahok, komunitas relawan pendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Singgih Widiyastono, pada Minggu (26/6/2016) pagi.
“Kami akan siapkan tim verifikasi faktual yang jumlahnya sekitar empat ribuan orang. Kami sudah mulai rekrutmen dari sekarang,” kata Singgih.

Setelah merekrut relawan tenaga verifikasi faktual, mereka akan dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan untuk melakukan proses verifikasi. Setelah itu, relawan kemudian disebar merata di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Pada Pasal 48 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pilkada, disebutkan “Jika pendukung tidak bisa ditemui dalam verifikasi dengan metode sensus, dan berhalangan hadir untuk melakukan verifikasi secara langsung ke PPS, maka dukungannya dianggap tidak sah.”

Hal ini tentu saja bukan pekerjaan yang mudah bagi Teman Ahok karena KTP yang berhasil dikumpulkan untuk mendukung Ahok maju melalui jalur independen hingga kini sudah terkumpul lebih dari satu juta KTP.
(Samsul Arifin)