Home » News » Presiden Jokowi dan Ibu Negara Hadiri Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Hadiri Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional



Jakarta – Pada hari ini, Minggu (26/6/2016), Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara menghadiri puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang dilaksanakan di Tamansari, Jakarta Barat.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Hadiri Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional

Rombongan Presiden Jokowi dan Ibu Negara sampai di tempat acara di Jl Cengkeh, Tamansari, Jakarta Barat, sekitar pukul 09.00 WIB pagi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi terlihat Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Jaksa Agung Prasetyo, Ketua DPR Ade Komarudin, dan Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso (Buwas) mengungkapkan, peredaran narkoba di Indonesia sudah memasuki level darurat dan memprihatinkan karena peredaran narkoba masih saja terjadi meski telah banyak bandar yang tertangkap.

Menurut Komjen Buwas, pada tahun 2015-2016 sudah ada1.015 kasus narkoba yang berhasil berhasil diungkap, 42.429 korban direhabilitasi, dan 72 sindikat dibekuk.

Sedangkan di periode tahun yang sama BNN berhasil mengamankan barang bukti berupa sabu-sabu 2,8 ton, ekstasi 707.864 butir, ganja 4,1 ton, dan lahan ganja seluas 69 hektar berhasil dimusnahkan.

Terkait narkoba, pihak kepolisian juga berhasil mengungkap tindak pidana pencucian uang dengan nilai mencapai Rp 142 miliar.
(Samsul Arifin)