Home » News » Pembangunan Trem Surabaya Bakal Dimulai Tahun Ini

Pembangunan Trem Surabaya Bakal Dimulai Tahun Ini



Surabaya – Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, memberikan kepastian bahwa proyek pembangunan trem di Kota Surabaya jadi dilaksanakan, bahkan akan dimulai pada tahun.
Janji Menteri Jonan tersebut dikatakan saat melakukan sidak angkutan mudik di Stasiun Gubeng Surabaya, Sabtu (25/6/2016).

Pembangunan Trem Surabaya Bakal Dimulai Tahun Ini

“Jadi, jadi bangun. Tahun ini,” kata Jonan.

Namun kapan proyek tersebut mulai digarap, Jonan belum bisa memastikan. Ia mengatakan bahwa pembangunan trem hanya memakan waktu 3 tahun, sehingga tidak perlu terburu-buru.

“Tidak usah buru buru, wong itu bangunnya cepat kok, 3 tahun selesai,” jawab Jonan.

Ketika ditanya media soal berapa besar investasi yang akan dikeluarkan untuk pembangunan trem di Surabaya ini, Jonan mengaku hanya membutuhkan tidak lebih dari Rp 10 miliar tiap kilometernya.

“Lupa saya, murah kok. Wong bangun trem itu kalau tidak salah per 1 Km tidak sampai Rp 10 miliar. Asal korupsinya tidak ada lho ya,” ujar Jonan.

Menurut rencana, pembangunan trem Surabaya ini akan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama, akan dimulai dari depo trem lama di Bumiharjo, Joyoboyo, lalu melintasi Jl. Raya Darmo hingga ke utara sampai persimpangan Jl Indrapura – Jl. Rajawali.

Sedangkan tahap kedua, lintasan trem akan dilanjutkan dan diintegrasikan dengan Pelabuhan Tanjung Perak.

Sedangkan untuk halte atau shelternya, akan ditempatkan di beberapa titik stategis yang letaknya dekat dengan pusat kegiatan masyarakat.
(Samsul Arifin)