Home » News » KPK Pastikan Pengusutan Kasus BLBI Jalan Terus

KPK Pastikan Pengusutan Kasus BLBI Jalan Terus



Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan bahwa pengusutan dan penyelidikan dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) yang dikeluarkan berdasarkan Surat Keterangan Lunas BLBI yang ditengarai merugikan negara sebesar Rp 138,7 triliun masih terus dilakukan.

KPK Pastikan Pengusutan Kasus BLBI Jalan Terus

“KPK tidak memiliki kewenangan menutupnya. Ini soal efisien,” tegas Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (24/6/2016).

Namun, Saut meminta masyarakat tidak mendesak agar KPK dapat menyelesaikannya secara cepat karena kasus ini harus diselesaikan dengan sangat hati-hati dan membutuhkan bukti-bukti yang cukup untuk membawanya ke proses lebih lanjut.

Saut mengatakan, penanganan kasus yang terjadi di era pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri ini membutuhkan kesabaran.

“Menurut saya biasa-biasa saja. Cuma harus sabar aja,” tuturnya.
SKL yang dikeluarkan berdasarkan mekanisme yang dipakai Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) menurut Inpres 6/2002, Presiden Megawati Soekarnoputri pada waktu itu telah diberi masukan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Dorodjatun Kuntjoro Jakti, dan Menteri Keuangan Boediono.

BLBI sendiri merupakan bantuan (pinjaman) yang diberikan Bank Indonesia kepada bank-bank yang mengalami masalah likuiditas pada saat krisis moneter tahun 1998. Pada saat itu BLBI mengucurkan dana sebesar Rp147,7 triliun kepada 48 bank yang bermasalah.

Dalam perkembangannya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyebutkan bahwa dari total Rp147,7 triliun dana BLBI yang disalurkan, Rp138,7 triliun dinyatakan merugikan karena penggunaannya yang menyimpang dari peruntukkan.
(Samsul Arifin)