Home » News » Setelah Inggris Keluar, Menlu Polandia Pertanyakan Hubungan dengan Uni Eropa

Setelah Inggris Keluar, Menlu Polandia Pertanyakan Hubungan dengan Uni Eropa



Warsawa – Menteri Luar Negeri Polandia, Witold Waszczykowski, mengajak negaranya untuk memikirkan kembali hubungan dengan Uni Eropa. Pernyataan itu disampaikan oleh Waszczykowski pada Jumat (24/6/2016).

Setelah Inggris Keluar, Menlu Polandia Pertanyakan Hubungan dengan Uni Eropa

“Kita harus mempertimbangkan kembali masa depan integrasi Eropa,” kata Waszczykowski seperti dirilis kantor berita PAP, Jumat.

Waszczykowski juga mempertanyakan apakah sistem yang telah dibuat sekarang masih dapat bekerja dengan efektif pasca referendum Brexit.

“Setelah negosiasi hubungan baru antara Uni Eropa dan Inggris, mungkin Uni Eropa, para eurocrat, dan politisi Eropa akan berpikir ulang bagaimana mengembangkan Eropa untuk menghindari aksi keluar lebih lanjut,” tambah Waszczykowski.

Eurocrat senditi adalah istilah sinis untuk karyawan atau Menteri Uni Eropa, yang biasanya bekerja di Brussels dan Strasbourg.

“Ini adalah hari yang tepat untuk refleksi, hari diskusi yang serius tentang apakah arah perubahan di UE bahwa apa yang diputusakan bertahun-tahun yang lalu, model Franco-Jerman, adalah apa yang diinginkan Eropa,” ujar Waszczykowski.

Keputusan Inggris untuk meninggalkan (Brexit) UE berarti Eropa yang berbeda. Kita harus menegosiasikan Eropa baru,” kata Waszczykowski.

Polandia sendiri baru bergabung dengan Uni Eropa sejak 1 Mei 2014 lalu.
(Samsul Arifin)