Home » News » Komisi III DPR Kembali Akan Panggil Taufiequrachman Ruki

Komisi III DPR Kembali Akan Panggil Taufiequrachman Ruki



Jakarta – Komisi III DPR berencana akan memanggil kembali mantan Plt Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Taufiequrachman Ruki guna memperjelas kasus pembelian sebagian lahan Rumah Sakit Sumber Waras oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pada 2014 lalu.

Komisi III DPR Kembali Akan Panggil Taufiequrachman Ruki

Menurut anggota Komisi III DPR, Masinton Pasaribu, Taufiequrachman Ruki dan kawan-kawan perlu dimintai keterangannya terkait Sumber Waras karena KPK di era Ruki yang pertama kali meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melakukan audit investigasi terhadap proses pembelian lahan tersebut.

Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menjelaskan, kehadiran Ruki akan memudahkan kasus ini menjadi lebih jelas terkait dana Rp 191 miliar yang dikatakan BPK sebagai kerugian negara.

Sebelumnya, Komisi III DPR telah berinisiatif memanggil pimpinan KPK Taufiqurahman Ruki Cs setelah Komisi III menggelar rapat konsultasi dengan BPK pada 19 April 2016 lalu. Namun Taufiqurahman Ruki tidak bersedia hadir karena kasus RS Sumber Waras sedang dalam proses penyelidikan KPK.

Ketua KPK Agus Raharjo sendiri mengungkapkan bahwa dalam kasus RS Sumber Waras, KPK tidak menemukan adanya pelanggaran hukum.
(Samsul Arifin)