Home » Gaya Hidup » Ini Yang Harus Dilakukan Agar Radang Tenggorokan Cepat Sembuh

Ini Yang Harus Dilakukan Agar Radang Tenggorokan Cepat Sembuh



Surabaya – Masyarakat biasanya langsung mengkonsumsi obat pereda nyeri atau obat antibiotik begitu merasakan radang di tenggorokan, padahal itu tidak perlu dilakukan bila tidak terpaksa.

Ini Yang Harus Dilakukan Agar Radang Tenggorokan Cepat Sembuh

Menurut dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan dari RS PHC Surabaya dan RS Petrokimia Gresik, dr Artono, SpTHT-KL(K), FICS, umumnya radang tenggorokan atau faringitis disebabkan oleh virus dan bersifat ‘self limiting disease’, yang artinya dapat sembuh sendiri dalam jangka waktu tertentu.

“Ini artinya penyakit seperti faringitis umumnya bisa sembuh sendiri, asalkan pasien melakukan pemulihan yang tepat,” tutur dr Artono.

Salah satu hal yang perlu dilakukan penderita adalah istirahat yang cukup karena dengan beristirahat maka memberikan kesempatan tubuh untuk melakukan proses penyembuhannya sendiri melawan infeksi.

Hal lainnya yang perlu dilakukan yaitu menjauhi makanan dan minuman yang membuat radang tenggorokan justru menjadi makin parah, seperti makanan berminyak, pedas, asam, terlalu dingin, terlalu panas, serta buah-buahan bergetah misalnya mangga, pepaya, nanas, rambutan, atau nangka.

“Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bertekstur lembut dan hangat. Banyak minum air putih hangat juga,” imbuh dr Artono.

Bisa juga dengan memakai cara alami, yaitu dengan berkumur menggunakan air garam.

“Lakukan pagi dan malam setelah makan dan sebelum tidur malam. Bila sudah melakukan semua tapi tidak membaik, disarankan ke dokter THT untuk dievaluasi lebih mendalam lagi apa penyebabnya,” pesan dr Artono.
(Samsul Arifin)