sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Ini Cara Bedakan Vaksin Asli atau Palsu

Ini Cara Bedakan Vaksin Asli atau Palsu



Jakarta – Pihak kepolisian baru-baru ini berhasil mengungkap peredaran vaksin palsu untuk balita yang didistribusikan di Jakarta Banten, dan Jawa Barat. Polisi juga juga berhasil menangkap 10 orang tersangka yang diduga memproduksi vaksin palsu ini.

Ini Cara Bedakan Vaksin Asli atau Palsu

Lantas bagi masyarakat umum, bagaimana cara membedakan antara vaksin palsu dan asli?

Menurut Direktur Pengawasan Produksi Produk Terapetik BPOM Togi Junice Hutajulu, vaksin asli atau palsu tidak dapat dibedakan lewat kasat mata, kecuali hanya lewat pengujian laboratorium.

“Pelaku canggih, sulit kita membedakan,” kata Togi Junice Hutajulu dalam konfrensi pers di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Kamis (24/6/2016).

Menurut Togi, satu-satunya cara mengetahuinya hanya dengan menanyakan langsung kepada produsen atau distributor. Dan bila ada kasus vaksin palsu, masyarakat diharap langsung melaporkannya kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang ada di daerah masing-masing.

Seperti diketahui, Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Badan Reserse Kriminal Polri berhasil menangkap 10 orang tersangka pemalsu vaksin, yang terdiri dari tiga kelompok produsen yang tidak saling mengenal satu sama lain.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Brigjen Agung Setya menyampaikan, awalnya polisi menangkap tersangka J yang merupakan pemilik Toko Azca Medical di Bekasi, Jawa Barat pada 16 Juni 2016.

Dari penyelidikan lebih lanjut, polisi kemudian melakukan penggerebekan terhadap tiga lokasi pembuatan vaksin palsu yang terletak di Jalan Serma Hasyim, Bekasi Timur; Puri Hijau Bintaro; dan Kemang Regency, Jakarta Selatan.
(Samsul Arifin)