Home » News » Ini Akibatnya Bila Anak Dapat Vaksin Palsu

Ini Akibatnya Bila Anak Dapat Vaksin Palsu



Jakarta – Terbongkarnya jaringan pembuatan dan peredaran vaksin palsu di Jakarta dan sekitarnya membuat resah masyarakat, khususnya mereka yang mempunyai anak balita. Lantas apa akibatnya bila anak sudah terlanjur diberi vaksin palsu?

Ini Akibatnya Bila Anak Dapat Vaksin Palsu

Vaksinolog dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc-VPCD menjelaskan, anak yang diberi vaksin palsu bisa terkena infeksi karena proses pembuatan vaksin palsu tentunya tidak melalui prosedur yang steril seperti proses pembuatan vaksin asli.

“Tentu dengan cara tidak steril, bisa banyak kuman. Kalau cairan penuh kuman ini disuntikkan ke tubuh, orang bisa infeksi,” kata dr. Dirga, Kamis (23/6/2016).
Gejala infeksi yang mudah terlihat yaitu demam tinggi, denyut nadi cepat, sesak nafas, dan anak jadi sulit makan.

Jika anak tidak menunjukkan gejala tersebut dalam dua minggu setelah ia mendapatkan vaksinasi, kemungkinan anak tersebut tidak terkena infeksi.

Sedangkan terkait kekebalan, anak yang mendapatkan vaksin palsu tidak akan mendapatkan manfaat kekebalan terhadap penyakit karena kadar antibiotik dalam vaksin palsu tersebut diketahui sangat rendah.

Untuk akibat lainnya, tergantung dari bahan yang dicampurkan dalam vaksin palsu yang telah beredar ini.

“Puslabfor Polri harus menyelidiki apa yang dicampukan di vaksin palsu itu. Dari situ bisa kita cari, ada enggak laporan masyarakat yang setelah vaksinasi mengalami gejala tersebut,” ujar Dirga.
(Samsul Arifin)