Home » News » Setelah Inggris, Kini Prancis Usulkan Referendum Keluar dari Uni Eropa

Setelah Inggris, Kini Prancis Usulkan Referendum Keluar dari Uni Eropa



Paris – Hasil referendum Brexit yang dimenangkan oleh kubu “Leave” atau masyarakat Inggris yang menginginkan negaranya keluar dari Uni Eropa (UE) membuat Partai Front Nasional Prancis atau FN berbuat hal yang sama di Prancis.

Setelah Inggris, Kini Prancis Usulkan Referendum Keluar dari Uni Eropa

Partai Front Nasional Prancis adalah partai sosial konservatif dan nasionalis beraliran euroskeptis, yang menentang keberadaan UE dan menyerukan agar Prancis keluar saja dari UE.

“Kebebasan rakyat akan selalu menang pada akhirnya! Bravo Inggris,” seru Wakil Ketua FN, Florian Philippot, melalui akun Twitter-nya, seperti dilansir Reuters, Jumat (24/6/2016).

“Sekarang giliran kita. #Brexit #Frexit,” imbuhnya, merujuk pada kata Frexit yang merupakan kependekan dari ‘France exit’.

Namun demikian, keberadaan FN masih kalah bila dibandingkan dengan dua partai politik besar di Prancis, yaitu Partai Sosialis, yang menaungi Presiden Francois Hollande, dan Partai Republikan.

Hasil penghitungan dari referendum Brexit belum diumumkan secara resmi namun tiga media besar Inggris seperti BBC, SkyNews dan ITV News memprediksikan hasil akhir dari referendum Brexit bakal dimenangkan oleh kubu “Leave” atau keluar dari UE. Hasil resminya sendiri akan diumumkan di Manchester Town Hall, Inggris.
(Samsul Arifin)