Home » News » Pasar Ekonomi Terguncang Pasca Inggris Putuskan Keluar Dari Uni Eropa

Pasar Ekonomi Terguncang Pasca Inggris Putuskan Keluar Dari Uni Eropa



London – Hasil penghitungan suara referendum Brexit yang dipantau “Live” dari Reuters hingga hari ini ini, Jumat (24/6/2016) pukul 12.07 WIB, sebanyak 48,2 warga Inggris memilih tetap di Uni Eropa (UE), sementara 51,7 persen warga memilih keluar UE.

Pasar Ekonomi Terguncang Pasca Inggris Putuskan Keluar Dari Uni Eropa

Hasil tersebut membuat pasar finansial dunia turun hingga. Mata uang Inggris poundsterling menderita penurunan 10 persen terhadap dollar AS, posisi ini merupakan penurunan terendah sepanjang 31 tahun terakhir. Hal ini mencerminkan ketakutan pasar terhadap keputusan Inggris untuk keluar dari UE.

Mata uang Euro turun lebih dari 3 persen terhadap dollar AS sehingga investor lebih memilih emas dan yen yang menguat. Sementara saham-saham Eropa dibuka dengan rata-rata penurunan hingga 6-7,5 persen.

Sementara itu, terjadi euforia di kubu “Leave” yang menginginkan Inggris keluar dari UE, yang telah mengkalim bahwa mereka telah memenangkan referendum meskipun proses penghitungan hingga kini masih berjalan.

“Jika prediksi tepat, ini akan jadi kemenangan bagi setiap orang, terutama orang biasa. Biarkan tanggal 23 Juni jadi hari kemerdekaan bagi kami,” kata Nigel Farage, pimpinan eurosceptic UK Independence Party.

Dalam pernyataannya, Nigel Farage juga menyebutkan bahwa UE adalah sebuah proyek gagal.
(Samsul Arifin)