Home » News » Mentan Siapkan 1000 Alat Tanam dan Panen Untuk Petani

Mentan Siapkan 1000 Alat Tanam dan Panen Untuk Petani



Tangerang – Badan penelitian dan pengembangan (Balitpang) telah melakukan sebuah inovasi terbaru. Balitbang telah menciptakan mesin panen multi komoditas jagung dan padi, mesin olah tanam amphibi dan mesin penanaman jagung.

Mentan Siapkan 1000 Alat Tana dan Panen Untuk Petani

Andi Amran Sulaiman sebagi Menteri Pertanian menyatakan dan memastikan akan membeli ketiga alat temuan terbaru Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang). “Pemerintah akan beli alat inin kemudian diberikan ke petani secara gratis,”ujar Amran di Balai Besar Mekanisasi Pertanian, Litbang Serpong, Tangerang, Kamis (23/6/2016).

Amran mengatakan, ketiga mesin ini memberikan kemudahan bagi petani untuk bekerja lebih efisien dan mendapat hasilnya pun semakin menguntungkan petani. Oleh karena itu pemerintah akan sebar ketiga alat ini secara bertahap ke seluruh petani Indonesia.

“Secara bertahap kita akan bagikan 500 unit atau 1.000 unit tahun ini. Diharapakan dengan teknologi Insya Allah bisa menurunkan biaya produksi yang bisa dinikmati petani dengan teknologi,” ujarnya.

Mesin pemanen multi komoditas dapat digunakan untuk memanen jagung atau padi, sekaligus memasukan hasil panen. Ke dalam karung dalam satu operasi.

Mesin pengolah tanah ampibi, menggunakan bajak rotari dengan roda krepyak (crawler) dari karet, dapat digunakan untuk lahan tergenang atau lahan kering dalam sekali olah menghemat waktu, bahan bakar dan tenaga kerja.

Mesin penanam biji-bijian, ditarik traktor roda dua yang dapat digunakan untuk menanam jagung atau kedelai pada lahan kering dengan jumlah baris tanam dua baris untuk jagung dan tiga baris untuk kedelai. Mesin ini di rancang untuk mampu digunakan pada tanah bergelombang. Kapasitas mesin 8 jam per hektar.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)