Home » News » Info Arus Mudik : Lonjakan di Bandara Soekarno-Hatta Diprediksi Terjadi Pada H-2

Info Arus Mudik : Lonjakan di Bandara Soekarno-Hatta Diprediksi Terjadi Pada H-2



Tangerang – Pihak pengelola bandara Soekarno-Hatta telah mealkukan pemantauan terkait dengan arus mudik. PT Angkasa Pura II telah membandingkan jumlah pemudik tahun lalu dan melihat tren penumpang pesawat yang mengalami lonjakan menjelang Lebaran tahun ini.

Info Arus Mudik : Lonjakan di Bandara Soekarno-Hatta Diprediksi Terjadi Pada H-2

Dari hasil tersebut pihak pengelola Bandara Soekarno-Hatta telah memprediksi lonjakan arus mudik akan terjadi pada H-2 Lebaran, yakni Senin (4/7/2016). “Kalau membandingkan dengan jumlah pemudik tahun 2014 dan 2015, tahun ini diprediksi yang mudik akan lebih banyak. Ada lonjakan mendekati hari H Lebaran dan pada hari H Lebaran itu sendiri,” kata Senior General Manager Bandara Soekarno-Hatta, M Suriawan Wakan, kepada pewarta, Kamis (23/6/2016).

Berdasarkan prediksi data pergerakan pesawat dan penumpang Lebaran Tahun 2016 Bandara Soekarno-Hatta yang disampaikan PT AP II, tercatat jumlah penumpang berangkat paling banyak pada H-2 Lebaran, dengan prediksi total 93.104 penumpang per hari untuk tujuan domestik.

Jumlah penumpang terbanyak kedua diperkirakan jatuh pada H-1 Lebaran, dengan total 85.739 penumpang penerbangan domestik per harinya. Sementara pada hari Lebaran, jumlah penumpang penerbangan domestik yang berangkat diprediksi menurun ke angka 70.000 penumpang per hari.

Menghadapi situasi tersebut pihak pengelola telah menyiapkan Posko Lebaran 2016 yang bertempat di Terminal 1B. Posko tersebut akan beroperasi mulai 24 Juni hingga 17 Juli 2016.

Petugas terkait akan terus-menerus berjaga di posko tersebut untuk memantau keamanan serta pergerakan pesawat dan penumpang selama masa libur Lebaran hingga arus balik nanti. (Muslich Basyirun – sisidunia.com)