sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Hasil Referendum Brexit: Inggris Jadi Negara Pertama Yang Keluar dari Uni Eropa

Hasil Referendum Brexit: Inggris Jadi Negara Pertama Yang Keluar dari Uni Eropa



London – Inggris akhirnya menjadi negara pertama yang keluar dari Uni Eropa setelah pada penghitungan suara referendum Brexit menunjukkan rakya Inggris lebih menginginkan negaranya keluar dari Uni Eropa.

Hasil Referendum Brexit: Inggris Jadi Negara Pertama Yang Keluar dari Uni Eropa

Seperti diketahui, Inggris bergabung dengan blok yang beranggotakan 28 negara ini sejak 1973 silam, bahkan sejak nama Uni Eropa masih menggunakan nama lama, yaitu European Economic Community (EEC).

Namun dua tahun kemudian, yaitu pada tahun 1975, rakyat Inggris mempertanyakan apakah Inggris akan tetap bergabung dengan EEC ataukah keluar saja dari EEC. Referendum yang dilaksanakan pada waktu itu menunjukkan sebagian besar rakyat Inggris masih menginginkan Inggris tetap bergabung dalam EEC.

Setelah 41 tahun berlalu, rakyat Inggris kembali mempertanyakan hal yang sama, namun kali ini hasilnya berbeda. Sebanyak 51,9 persen rakyat Inggris menginginkan Inggris keluar dari Uni Eropa.

Hasil penghitungan suara dari media Inggris, SkyNews, menunjukkan51,9 persen atau 17.410.742 rakyat Inggris ingin keluar dari Uni Eropa. Sedangkan 48,1 persen atau 16.141.241 pemilih ingin tetap bergabung Uni Eropa. Hasil yang sama juga ditunjukan oleh media nasional Inggris, BBC.

Referendum ini dilaksanakan pada Kamis (23/6/2016) di 382 wilayah yang terdapat di Inggris, Wales, Skotlandia, Irlandia
(Samsul Arifin)