Home » Sport » Piala Eropa 2016: Irlandia Permalukan Italia 1-0

Piala Eropa 2016: Irlandia Permalukan Italia 1-0



Lille – Italia gagal memperoleh hasil sempurna di fase Grup E Piala Eropa 2016 setelah pada pertandingan pamungkasnya dikalahkan Republik Irlandia 1-0.

Piala Eropa 2016: Irlandia Permalukan Italia 1-0

Gol satu-satunya dalam pertandingan Kamis (23/6/2016) dinihari WIB tadi diciptakan oleh Robbie Brady pada menit ke-85 untuk meloloskan Republik Irlandia ke babak 16 besar, menjadi salah satu dari 4 tim urutan ketiga terbaik.

Pada pertandingan yang diadakan di Stade Pierre-Mauroy, Lille Metropole ini pelatih Antonio Conte merombak susunan pemain timnya untuk memberikan kesempatan kepada pemain lain yang belum pernah diturunkan pada dua pertandingan sebelumnya, karena Italia sudah memastikan diri lolos ke babak knockout.

Irlandia yang membutuhkan poin penuh untuk lolos ke babak berikutnya langsung menekan barisan pertahanan Italia dengan permainan cepat karena mereka diuntungkan oleh susunan pemain Italia yang tidak menurunkan pemain-pemain terbaiknya.

Beberapa peluang dibuat oleh para penyerang Republik Irlandia namun belum ada gol yang berhasil tercipta hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua Irlandia mengganti Murphy dengan Aiden McGeady untuk meningkatkan daya serang. Sedangkan pelatih Italia menarik keluar Immobile dan menggantikannya dengan Lorenzo Insigne.

Beberapa menit setelah masuk Lorenzo Insigne hampir saja membuat Italia unggul namun sayang tendangan kerasnya dari luar kotak penalti hanya membentur tiang gawang Irlandia.

Gol bagi Irlandia akhirnya tercipta pada menit-85 lewat tandukan Robbie Brady setelah mendapatkan umpan silang dari Hoolahan. Ini ini merupakan gol satu-satunya yang tercipta pada pertandingan ini.

Susunan Pemain

Italia: Sirigu; Barzagli, Bonucci, Ogbonna; Bernardeschi (Darmian 60′), Florenzi, Thiago Motta, Sturaro, De Sciglio (El Shaarawy 82′); Zaza, Immobile (Insigne 75′)

Republik Irlandia: Randolph; Coleman, Keogh, Duffy, Ward; McClean, Hendrick, McCarthy (Hoolahan 77′), Brady; Murphy (McGeady 70′), Long (Quinn 90′)
(Samsul Arifin)