Home » News » Korea Utara Sukses Lakukan Uji Coba Tembak Rudal Balistik Untuk Serang AS

Korea Utara Sukses Lakukan Uji Coba Tembak Rudal Balistik Untuk Serang AS



Pyongyang – Korea Utara (Korut) mengumumkan bahwa mereka sukses melakukan uji coba rudal balistik jarak menengah Musudan atau dikenal sebagai Hwangsong-10 pada Rabu (22/6/2016) pagi waktu setempat. Pengumuman tersebut dilakukan kantor berita KCNA.

Korea Utara Sukses Lakukan Uji Coba Tembak Rudal Balistik Untuk Serang AS

”Uji tembak berhasil dilakukan tanpa memberikan efek sedikit pun pada keamanan negara-negara sekitar,” bunyi pengumuman yang dirilis KCNA, semalam.

Uji tembak rudal balistik yang dilakukan Korea Utara ini disaksikan dan diawasi secara langsung oleh Presiden Korea Utara Kim Jong-un.

”Arus uji tembak menandai kesempatan penting dalam peningkatan kapasitas serangan nuklir dari negara kita,” kata Kim Jong-un, yang dikutip Yonhap, Kamis (23/6/2016).

”Kami memiliki keyakinan soal kemampuan untuk menyerang secara keseluruhan dan praktis terhadap (kepentingan) Amerika di Pasifik,” tambah Kim Jong-un.

Menurut pemerintah Koresa Utara, rudal Musudan yang telah diuji coba tersebut mempunyai jarak jangkau sejauh 3.500 kilometer sehingga dapat menjangkau fasilitas Amerika Serikat (AS) di Asia Pasifik.

Uji coba ini tentu saja mendapatkan kecaman dari banyak negara termasuk AS, Jepang dan Korea Selatan. Ketiga negara ini bahkan mendesak dunia internasional untuk memberikan sanksi terhadap Pyongyang.

Menurut Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, tindakan Korea Utara melakukan uji coba rudal balistik tersebut sebagai tindakan yang tidak bertanggungjawab.
(Samsul Arifin)