Home » News » Komjen Tito Karnavian Jalani Fit and Proper Test Hari Ini

Komjen Tito Karnavian Jalani Fit and Proper Test Hari Ini



Jakarta – Komjen Tito Karnavian yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal Kapolri hari ini, Kamis (22/6/2016) akan menjalani proses fit and proper test di hadapan Komisi III DPR RI.

Komjen Tito Karnavian Jalani Fit and Proper Test Hari Ini

Komjen Tito sudah nampak tiba di Gedung DPR pada pukul 09.15 WIB. Sedangkan rapat mulai pada pukul 10.00 WIB.

“Insya Allah. Insya Allah,” ucap Tito saat ditanya soal kesiapannya untuk fit and proper test nanti.

Dalam proses pengujian nanti Tito akan memaparkan visi misi dan programnya saat menjabat Kapolri, sedangkan anggota Komisi III akan mengajukan beberapa pertanyaan sebagai pendalaman dari apa yang telah dijabarkan Tito.

Menurut Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo, semua fraksi di DPR menerima dan sudah siap untuk meloloskan Tito menjadi Kapolri karena Tito dianggap sebagai sosok yang bersih.

“Mayoritas menerima. Saya prediksi besok fit and proper test akan berjalan mulus karena hampir seluruh fraksi sepakat mendukung pencalonan Tito sebagai Kapolri. Dengan pertimbangan tidak ada 1 pun pengaduan masyarakat yang menilai yang bersangkutan memiliki masalah berat. Kedua kita sudah meminta keterangan dari KPK dan PPATK, hasilnya bahwa yang bersangkutan clear and clean. Tidak ada lagi alasan untuk menolak pencalonan Tito. LHKPN tidak ada masalah. Kehidupan pribadi dan rumah tangganya baik. Golkar mendukung penuh usulan Presiden pencalonan Tito,” jelas Bambang, Rabu (22/6/2016) malam.
(Samsul Arifin)